Langsung ke konten utama

Ancaman security jaringan dan pencegahaanya

Setiap hal pasti memiliki sisi baik dan buruk, dan tidak ubahnya dengan jaringan komputer. Dengan jaringan kita bisa terhubung dengan komputer lain dan mengaksesnya hingga skala dunia sekalipun. Namun dalam penggunaanya paling tidak kita harus memenuhi prinsip-prinsip yang dapat menjaga keamanan informasi dari akses-akses yang tidak diinginkan diantaranya ialah, kerahasiaan, integritas dan ketersediaan.

Tujuan utama prinsip keamanan jaringan ialah untuk mengendalikan akses dimana kita menjaga jangan sampai ada subyek-subyek yang tidak diizinkan, mengakses  obyek-obyek data dan informasi yang terdapat dalam jaringan yang kita gunakan. Segala bentuk ancaman baik fisik maupun logik yang langsung atau tidak langsung yang sifatnya menggangu kegiatan dalam jaringan disebut resiko jaringan komputer.

Ancaman pada jaringan komputer terbagi menjadi dua bagian yaitu secara fisik dan logik. Ancaman secara fisik meliputi segala hal yang berhubungan dengan perangkat keras komputer dan jaringan baik yang disengaja maupun tidak seperti pencurian atau gempa, sedangkan pada tingkat logik ancaman meliputi kerusakan pada sistem operasi atau aplikasi yang digunakan dalam jaringan seperti karena virus maupun sniffing.

Ada banyak model serangan yang menyerang sistem keamanan jaringan baik secara teknis maupun non-teknis, diantaranya adalah :

*    Dos & DDos atau denial of service yaitu serangan yang akan melumpuhkan sistem agar pengguna yang sah tidak dapat mengakses sistem tersebut. Metode yang digunakan dalam serangan ini ialah dengan mengirim paket data dalam jumlah besar terhadap suatu server hingga server tersebut sibuk dan tidak dapat memproses seluruh data yang masuk.
*    Port Scanning yaitu mencoba-coba mencari tahu port atau layanan yang tersedia di server
*    Social Engineering yaitu penetrasi secara sosial yang memanfaatkan human error secara psikologis untuk mendapatkan informasi tanpa melakukan penetrasi terhadap sistem komputer.
*    Spyware dan Trojan yaitu program komputer yang biasanaya tanpa sengaja terinstal untuk melakukan perusakan, penyalinan aktifitas sebuah komputer
*    Virus dan Worm yaitu program komputer aktif yang tersembunyi yang bersifat merusak sistem komputer dan dapat terdistribusi ke komputer lain dengan membonceng pendistribusian file atau program lain.
*    Spoofing yaitu memalsukan alamat web dengan membuat web yang identik dengan web aslinya untuk mendapatkan username dan password.
*    Cracker yaitu orang atau sekumpuan orang yang mempelajari sistem secara diam-diam dengan maksud menyerang atau merusak sistem tersebut.

Dengan adanya beberapa ancaman diatas maka kita juga harus mampu mengatasi ancaman-ancaman tersebut. Berikut adalah beberapa penanggulangan dan pencegahan ancaman terhadap jaringan komputer :

*    Mengaktifkan Firewall pada komputer dan gunakan antivirus, antispyware dan antispam yang baik dan selalu diperbaharui
*    Jangan gunakan program yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal
*    Perhatikan dengan seksama peringatan kemanan yang muncul sebelum mengeksekusi file tersebut
*    Gunakan password yang benar yaitu kombinasi angka dan huruf yang memenuhi standar keamanan password
*    Back-up file-file penting, alangkah baiknya dalam media eksternal dan simapan ditempat yang aman
*    Senantiasa melakukan pembaruan sistem secara berkala

Semoga informasi atas ancaman-ancaman jaringan komputer membuat kita semakin waspada akan pentingnya keamanan jaringan yang kita buat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

belajar bahasa inggris lagi yuuu...

Alahamdulillah nih ilmunya ttg bahasa inggris dah nambah sedikit lagi... mudah-mudahan bisa berguna buat diri sendiri dan yang baca deh..^^ Kali ini kita akan membahas tentang Simple Present ,Simple Past ,Present Progressive(Present Continuous) dan Past Progrresive. Simple Present biasa kita temukan penggunaannya pada kejadian yang rutin dilakukan atau yang sudah menjadi keseharian. Pada simple present kita menambahkan s dibelakang verb jadi rumusnya : S + verb(s) + Noun / O Contohnya: * Something smells very good * Jorge hates smoke Dan kalau present progrresive kita temukan pada kalimat yang mengandung durasi waktu / ada penjelasan waktunya, rumusnya : S + tobe +Ving atau S + was + Ving Contohnya : * We are eating dinner at seven o'clock * Jerry is mowing the lawn now Simple Past tense biasa kita temukan atau digunakan pada kalimat yang kejadiannya masih terjadi dan waktu kejadiannya tidak disebutkan atau tidak diketahui, rumusnya :  S + Verb2 + O Contohnya

belajar bahasa inggris sedikit yu...

Ini pelajaran pertama yg gw dapet dari dosen dikampus...ya mending kita bagi-bagi aj ilmunya kan dari pada dipendem sendiri..hehe Sekarang ita belajar ttg Other dan Another beserta penggunaannya dalam kalimat.. Other biasa digunakan dalam dua kondisi : *dengan kata benda yang dapat dihitung *dengan kata benda yang tidak dapat dihitung Other dan another dengan kata benda yg dapat dihitung terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: - another + singular noun (one more) contoh : another pencil = one more pencil - the + other + singular noun ( last of the set) contoh : the other pencil = the last pencil present - other + plural noun (more of the set) contoh : other pencil = some more pencil - the other + plural noun (the rest of the set) contoh : the other pencil = all remaining pencil kemudian untuk kata benda yg tidak dapat dihitung hanya dapat digunakan pada Other, yg terbagi dalam dua jenis, yaitu: - other + non-count nouns (more of the set) contoh : other water = some more w

Kenapa Orang membuat Virus Komputer???

Virus Komputer Hampir sebagian besar pengguna komputer tentu tidak akan suka dengan yang namanya virus komputer. Virus komputer dalam artian adalah program yang beragam jenisnya yang bersifat mengganggu, merusak, menjengkelkan dan membahayakan, mulai dari malware, spyware, adware, worm dan trojan. Yang membuat kita tak habis pikir adalah dengan alasan apa ada orang di dunia ini yang 'iseng' membuat virus komputer sehingga membuat kesal para pengguna komputer. Ada banyak alasan yang membuat seseorang menciptakan virus komputer, mulai dari motif pribadi, motif materi, sampai motif yang berbau mata-mata. Mari kita lihat 12 motif atau alasan dibalik kenapa seseorang membuat virus komputer. 1. Karena marah Jika ada seseorang marah dia tentu bisa berbuat apa saja dan begitu pula jika yang sedang marah itu seorang programmer komputer yang bisa membuat virus komputer. Bayangkan jika programmer yang marah itu adalah pegawai di satu perusahaan yang marah karena ia dianggap tidak